BELAJAR JAVASCRIPT (LEARNING BY DOING) BAG I

Sekilas Tentang Javascript

Javascript adalah sebuah bahasa scripting pada sebuah browser, berproses di browser atau biasa yang sering kita denger dengan nama client side programming. Banyak sekali web yang memakai javascript ini Karen akegunaannya seperti menambah fungsi, validasi input form, mendeteksi browser yang digunakan dan masih banyak lagi. Walaupun tidak semua browser dapat menjalankan code javascript tapi lebih banyak browser yang sudah mendukung javascript seperti chrome, firefox, safari dan masih banyak lagi jadi jangan khawatir. Javascript dapat membuat halaman web lebih interaktif, dan yang terpentingnya kita tidak perlu membeli lisensi untuk menggunakan javascript ini.

Java dan Javascript

Java itu bukan javascript betujuga javascript itu bukan java. Keduanya merupakan bahasa yang berbeda dari segi konsep dan disain nya.

Syarat mempelajari buku ini

  1. Adanya niat untuk belajar (hahaha kalo misalnya ga ada niat ngapain juga download buku ini)
  2. Siapkan laptop atau computer, karena kita akan memahaminya sembari peraktik (sepertinya akan sangat sulit jika kita run script yang kita tulis dalam sebuah catatan.
  3. Sudah memahami HMTL, jika masih belum silahkan pelajari tutorial mengenai HTML. Kareana biasanya script javascript disisipkan dalam halaman HTML

Memulai Javascript

Untuk menambahkan script javascript pada halaman html kita gunakan tag <script>, jadi jika kita menemukan tag <script type=”text/javascript”> … </script> dalam sebuah halaman HTML maka kita sudah tau bahwa dalam tag tersebut merupakan script javascript.

Menuliskan Hello World !

Seperti biasa jika kita memulai mempelajari suatu bahasa pemrograman maka yang pertama kita lakukan adalah menampilkan kalimat Hello World !. mari kira buat. Langkah pertama yang harus kita lakukan ada lah membuat file dengan nama hello.html,  setelah itu ketikan lah code dibawah ini:

<html>
	<body>
		<script type="text/javascript">
			document.write("Hello World!");
		</script>
	</body>
</html>

Jika sudah selesai maka jalankan pada web browser yang ada pada computer kita. Maka hasilnya akan seperti gambar 1.

gambar 1

 

gambar 1.

dengan menambahkan document.write() dalam tag <script> pada kode diatas menandakan bahwa code tersebut merupakan command javascript, yang tujuannya menuliskan text pada halaman. Bagaimana jika kita tidak menambahkan tag <script>, yang terjadi adalah halaman akan menampilakan “document.write(“Hello World!”);” ga percaya? Sialahkan coba sendiri. Oh iya jangan takut mencoba, karena dengan menghapus salah satu code latihan kita tidak akan mengakibatkan hancurnya laptop kita atau meledaknya bumi ini :D.

javascript dapat di eksekusi ketika halaman dimuat (load) pada browser dan juga pada saat adanya perintah dari suatu tindakan.

Dimana sebaiknya menempatkan javascript pada halaman HTML? Javascript dapat disimpan di dalam tag <head> … </head> atau juga dalam tag <body> … </body> ketika kita menyimpan javascript dalam tag <head> … </head> tujuannya adalah untuk meyakinkan bahwa script yang kita tulis telah dimuat dalam page tersebut ketika halaman di panggil, sebelum script javascript tersebut kita pakai pada saat adanya trigger (event).

Wah kalo misalnya ketika pada dua halaman mempunyai script javascript yang sama trus kita harus menulisnya dua kali dong? Kalo 100 halaman, 100 kali dong? Nah mungkin ini pertanyaan yang akan kita tanyakan ketika mempelajari peletakan javascript diatas. Tenang jangan khawatir javascript dapat disimpan diluar dari file html. File javascript yang dibuat berekxtensi .js (contoh : javascript.js , contoh.js). ketika membuat file javascript kita tidak perlu menambahkan tag <script>.

Trus bagaimana memanggilnya ke file HTML? Pertanyaan yang sangat baik :D. ketika kita membuat javascript dengan file terpisah maka kita harus memanggilnya kedalam file HTML dengan menambahkan code berikut:

<script type=”text/javascript” src=”file.js”></script>

 

Komentar dalam Javascript

Komentar dapat digunakan untuk menambahkan penjelasan pada code javascript yang kita buat, selain itu komentar juga digunakan untuk membuat code javascript yang kita buat tidak di eksekusi (unreadable). Untuk menambahkan komentar dalam javascirpt kita menambahkan // untuk single line dan /* … */ untuk multi line.

Mari kita coba, tambahkan // pada file hello.html yang tadi kita buat,

<html>
	<body>
		<script type="text/javascript">
			//document.write("Hello World!");
		</script>
	</body>
</html>


 

Setelah itu save. Maka ketika kita jalankan di browser maka tidak akan keluar apa apa :D.

 

bagian I selesai. kita lanjutkan di bagian II

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s