BELAJAR JAVASCRIPT (LEARNING BY DOING) BAG IV

Perulangan

Dalam membuat suatu aplikasi terkadang ada beberpa code yang harus di ulang, kita bisa menulis nya berulang jika itu sedikit, jika ada 10000 baris yang harus di ulang maka akan membuang buang waktu, oleh karena itu disiapkan lah perulangan javascript. Ada beberapa perulangan dalam javascript, yaitu:

  1. Perulangan for

Perulangan for adalah perulangan yang berulang dengan adanya batasan angka untuk mengulangnya. Mari kita buat aplikasi tentang perulangan for, seperti biasa buat file baru kali ini beri nama perulangan_for.html dan ketiklah code dibawah ini:

<html>
	<body>
		<script type="text/javascript">
			var i = 0;
			for (i=0;i<5;i++){
				document.write("ini perulangan ke "+i+"<br>");
			}
		</script>
	</body>
</html>

 

Save file tersebut, kemudian jalankan pada web browser yang ada pada computer kita. Maka hasilnya akan seperti gambar 6

gambar 6

gambar 6

Pada gambar 6 terlihat bahwa perulangan terjadi sebanyak 5 kali. Hal ini terlihat dari code yang kita tulis for (i=0;i<5;i++){ kalau misalnya diartikan dalam bahasa manusia maka akan berbunyi seperti ini, ulanglh code dalam for dari i ke-0 sampai i ke-4, atau ulanglah dari i ke 0 sampai i kurang dari 5. Seperti itulah kira kira bahasa manusianya :D.

  1. Perulangan while

Perulangan while berlaku ketika kondisi yang ada bernilai benar (true), maka selama itu perulangan terus berlangsung. Mari kita buat aplikasi tentang perulangan while. Seperti biasa buat file dengan nama perulangan_while.html dan ketiklah code dibawah ini:

<html>
	<body>
		<script type="text/javascript">
			var i = 0;
			while(i<5){
				document.write("ini perulangan ke "+i+"<br>");
				i++;
			}
		</script>
	</body>
</html>

 

 

Save file tersebut. Dan bukalah pada web browser yang ada pada computer kita. Maka hasilnya akan seperti gambar 7

gambar 6

gambar 7

Hasilnya sama seperti gambar 6 tetapi dalam code berbeda. Code yang kita tulis dalam perulangan_while.html pada awal kita isi var i = 0 setelah itu perulangan while yang klo dalam bahasa manusia akan seperti ini, lakukan perulangan selama i kurang dari lima dan di akhir while sebelum tanda } kita beri i increment i++ (pada bab operator aritmatik), jadi setiap berulang i akan bertambah satu yang nantinya akan tidak masuk syarat karena i akan terus bertambah dan akan lebih dari 5 dan tidak akan masuk syarat yang menyebabkan perulangan berhenti. Bagaimana jika tidak ditambah i++? Silahkan anda coba :D. saya tidak akan tanggung jawab apa yang akan terjadi pada web browser anda :D.

Ada juga perulangan break dimana break dilakukan untuk memberhentikan perulangan secara paksa. Dan ada juga perulanagan for in, perulangan ini berulang sebanyak element yang ada dalam array.

 

 

Function

Sudah beberapa bab kita pelajari tentang javascript disini. Jika kita perhatikan  apa yang kita buat dengan javascript selalu langsung tereksekusi atau dijalankan ketika halaman di load, terkadang kita ingin membuat code yang tidak langsung dijalankan ketika halaman di load tetapi code yang kita buat dijalankan ketika ada event yang kita inginkan, bisa? Tentu dapat function dalam javascript yang menjawab pertanyaan kita tadi. Function ini sekumpulan code yang dibuat dalam satu fungsi (wilayah lah kalo di ibaratkan) yang akan berjalan apabila di panggil dalam suatu event (event akan kita pelajari setelah bab popup boxex). Mari kita buat contoh fungsi.

function nama_fungsi(){

//disini code yang ingin ditulis

}

Nama fungsi dapat ditulis sesuka kita :D.

Popup Boxes

Teradapat popup box yang ada pada javascript diantaranya ada alert, confirm dan prom, mari kita bahas satu per Saturda.

  1. Alert Box

Alert box biasanya digunakan untuk memberi informasi kepada pengguna, dan juga biasanya digunakan untuk memberikan warning atau pemberitahuan kepada pengguna sebelum proses dilakukan, ketika pengguna menekan tombol ok pada alert box maka proses dilakukan. Penulisan alert box :

Alert(“ ini alert box”);

Popup box ini akan kita peraktikan pada saat sudah sampai di bagian Event

  1. Confirm Box

Popup ini digunakan untuk meminta konfirmasi kepada pengguna atas apa yang akan di proses. Contohnya ketika pengguna ingin menghapus suatu data maka confirm box ini digunakan. Ketika hendak menghapus data akan muncul popub box “apakah benar ingin di hapus? Ok atau Cencel” jika pengguna klik ok maka proses hapus akan dilakukan, tapi jika pengguna klik cancel maka proses hapus akan dibatalkan. Penulisan confirm box:

Confirm(“ apakah benar ingin dihapus ”);

  1. Prompt Box

Popup box ini biasanya digunakan untuk meminta nilai/informasi dari pengguna, jika pengguna mengklik ok maka informasi itu dapat di ambil, tetapi jika cancel maka  informasi diberikan tidak dapat diambil. Penulisan prompt:

Prompt (“ masukan nama anda ”);

bagian IV selesai. tunggu bagian V ya 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s